Jumat, 01 Februari 2013

Cilung!

Semua orang pasti punya masa kecil, entah itu sedih atau sangat menyenangkan. Entah itu bahagia atau galau (emang anak kecil udah bisa galau?) Eits jangan salah, era globamatika seperti ini anak kecil tiga tahun juga bisa galau. Keponakan saya aja galau kalo tiba-tiba sinetron Coboy Junior ngga tayang -_-

Tapi bukan itu yang mau saya omongin. Bicara masalah masa kecil pasti erat tali persaudaraan dengan namanya kenangan, dan ngga terkecuali soal jajanan! Nah, kebayang kan jajanan jaman SD gitu ? Yang bentuknya ucul-ucul ngegemesin pengen dikunyah, yang warnanya mentereng kayak dandanan mbak-mbak. Yang abang-abangnya setia nongkrong depan sekolah, bahkan lebih setia dari... *some text missing* nah pokoknya itu deh.

Enggak tau saya yang norak atau kurang gaul pas jaman SD dulu tapi ada jajanan yang super unik. Boleh saya bilang belom pernah nemu ini sebelumnya. Kita lebih dulu kenal namanya dengan cireng atau aci digoreng, cimol atau aci dicemol, cilok atau aci dicolok dan yang paling terakhir saya kenal dari The Ci-Brothers ini adalah cilung alias aci digulung. Ironisnya ini saya temui pas udah kuliah, bukan ketika masih sd dulu.

Aci digulung atau cilung ini emang ngga beda sama The Chi-Brothers lainnya tadi. Terbuat (tentunya) dari aci atau sagu, sagu kemudian dilarutkan air jadi adonan cair. Selanjutnya ? adonan tadi digoreng kayak kalo lagi goreng sisaan tepung kalo goreng tempe. Goreng jembreng gitu aja, lebar, luar seluas permukaan penggorengannya. Trus sebelum kering, digulung pake tusukan dari bambu. Digulung-gulung seperti sate lilit. Lucuk pokoknya. Sebagai pelengkap, dicelupin ke saos khas abang-abang jajanan SD. Jadilah ciluuuung~

Abang-abang yang biasa saya satronin itu biasa mangkal depan SD Negeri 1 Blater, sebelah utara kampus saya. Jadi kalo ngampus sekitar jam 9, dengan lincahnya saya bakal nyamperin si abang-abang 'Bang, yang kering ya. Dua rebu!' tapi mesti sabar karna saingan sama anak-anak SD -.- dan tentunya buru-buru takut kelas udah masuk. Rasanya? kenyel-kenyel gurih pedes gitu, nagih deh. Sang abang siap melepas tiap tusuk cilung hanya dengan satu koin lima ratus rupiah. Ngiler ? Segera outlet-outlet cilung terdekat.


Ini sih fotonya saya ambil dari google, ngga punye dokumentasi aslinya sih hehehe


nb : Well, sebenernya sih kalo dari segi kesehatan makanan ini kurang bergizi dan agak kurang sehat. Jadi makannya jangan keseringan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar