Minggu, 03 Januari 2010

EXIRE.. antara ada tapi ga tau kemana


Waktu itu gue masih kelas 7, beberapa anak di kelas gue, termasuk gue diminta ke lab biologi sama Ka Andi (waktu itu masih bisa manggil Kak, sekarang mah udah tuwir die mah). Ada gue, fiko, arky, nurma, sama pinta, mereka iini semua temen sekelas gue pas kelas 7. Sampe di lab biologi udah anak-anak kelas 7 lain. Tampang-tampang yang sering gue liat tapi ga kenal, ya merekalah mega, harun, hana, dora, pipit sama aulia. Mereka-mereka inilah cikal bakal kir 177 (uhuy). Kita diminta untuk jadi peserta salah satu lomba penelitian dari Depdiknas. Kita semua bersedia kala itu (cailaa bahasa lu de), kita ngga tau bakal kayak apa nantinya. Si hana anak yg menjadi ketua osis terbinal yg pernah ada, si mega yg rajiiiiiin bener, si pipit yg waktu itu rambutnya masih pendek, si arky yg jadi deket pas udah SMA, si dora yg sekarang udah pake jilbab, si harun yang selalu ngingetin kita buat solat, aulia yg kadang-kadang gimanaaaa gitu, si fiko temen gue dr sd sampe sekarang, si nurma temen sekelas pas kelas 7, si pinta yg curhat mulu soal cowoknya atau welling yg cinta mati sama paskib. Semuanya kayaknya iya-iya aja dah mangguk-mangguk doang, waktu itu semuanya masih lugu, polos, tak berdosa, ngga kayak sekarang udah binal, lenjeh, norak, belagu, songong berasa paling eksis dah hihihi becanda ye…. Masa penelitian berlangsung 3 bulan, saat-saat dimana kita harus ke sekolah ngurusin taneman padahal temen-temen kita yang lain lagi pada enak-enaknya berleha-leha di rumah, seneng-seneng pada liburan. Saat dimana kita nyampurin tanah sama pupuk, bikin media tanem dari bambu segede gaban, ngukur pohon terus ngitungin daon, gile bener dah ah. Saat-saat yang ngeselin tapi buat gue ga bisa dilupain (ngga tau buat lo gimana). Sampe suatu saat kelompok gue lah yang lolos buat presentasi dan Alhamdulillah bisa bawa piala (bawa karna juara loh, bukan nyolong). Itu terasa sebuah keberuntungan, buat gue. Kita lupakan masalah juara-juaraan. Akhirnya kita naik kelas 8, banyak yang mengundurkan diri. Ya jelas lah siapa coba yang tahan ? ye ga ? masih sih yang bertahan, ada trio tak tergantikan mega-harun-welling dan gue sebagai tambahan (orang yg sok2 tahan padahal …. ) hihi.
Si toto (sebutan ‘sayang’ kite-kite buat kak andi) akhirnya minta buat merekrut anggota baru dari kelas 7, ya itulah kalian. Anin, ulqi, ana, aren, sapi, diaa, egi, tebe, bintang, andre, rini, bary, ari, elvira, yulia ditambah ega tamimi sama sisil. Sebenernya masih banyak lagi, tapi emang gara-gara sistem kerja rodi bikin ga semua anak tahan sama gaya kerja kayak gitu. Ini lah saat dimana kita mulai deket, mulai klop, mulai seneng bareng-bareng, mulai kayaknya ga ada batesan antara kakak sama adek kelas. Yap.. Inget pertama ketemu anin, yg waktu itu rambutnya masih gimbal, inget ketemu ulqi yg dulu masih sepundak gue, inget ketemu aren yg waktu itu rambutnya masih pendek dan belom keliatan hina nya. Inget ketemu diaa, yg ngocolnya ga nahan, inget ketemu sapi yg ditaksir saman temen sekelas gue, inget sma andre yang dulunya diem eh sekarang ….., inget ketemu ari yg ternyata sekelompok sama gue ngamen pas ldks (inget ga ri?), inget ketemu ana yg keliatan anak manja nya, inget ketemu ega pas jd panitia sanlat, inget ketemu sisil gara-gara apa ya sil ? inget ketemu sama tamimi gara-gara kenal sma sisil, dia masih tomboy waktu itu, inget ketemu trio gvatrez yaitu egi-bintang-tebe yg udah mengocok perut pas pertama ketemu, inget ketemu bary yg emang dasarnya diem, inget ketemu eel yg kreatif banget atau ketemu yulia yg belom pake jilbab waktu itu. Hampir semuanya gue inget. Sampe kejadian-kejadian lucu yg sering kita alamin, mulai dari nge-ospek kalian si anggota baru, foto-foto dengan gaya ale-ale masih dua jari di bibir, gaya narsis dengan tangan kayak hormat, dimarahin sama welling gara-gara kita cabut ke stan book fair, nangkepin capung terus dijejelin ke mega, panen sawi, ngerjain anak-anak yg ulang tahun, ngerjain gue pas ulang tahun (tapi gue berhasil lolos dari ramuan busuk itu), ke rumah eel buat ganti baju sebelom kita mau nonton di bepe aaaaaaah saya ingat sekali har-hari itu.
EXIRE, plesetan dari ex-kir (karna kita keluar ekskul itu bareng2) itu nama yg dengan jeniusnya ditemukan ari. Nama yang kalo kalian tanya sama Mbah Google berarti sebuah berlian (kalo gue ga salah), kalian memang bukan teman pertama gue. Tapi kalian keluarga baru buat gue waktu itu. Kalian yang bikin gue semangat ke sekolah, karena berarti bisa ketemu, ngobrol, ketawa-ketiwi, ngakak, ngebinal, sampe ngebolang bareng-bareng. Kita semua ketemu di tempat dan saat yang kurang menyenangkan sebenarnya, pas lagi kita sok-sokan jadi anak kir, anak-anak yang dikira pinter, anak-anak yang mungkin dipandang di sekolah sebagai anak-anak terpilih (cailaa). Kita memang ga suka disana, tapi harusnya kita bersyukur karena mungkin kalo ga ada kir kita ga bakalan sedeket ini. Sampe pada akhirnya angkatan gue lulus, dan tinggal kalian yg di 177. suka kadang kangen sendiri sama kalian. Awal ketemu sama salah satu dari kalian pas gue udah SMA ya itu pas gue pulang naek angkot yg ngetem depan sd 03 trus gue liat anin sama ana, gue sms lah si anin “ belom pulang woy ! masih depan stt. Gue lagi deket-deket situ looh” hihi sampe mereka berdua celingak celinguk ga tau dah nyariin gua apa nyari abang-abang es campur. Sampe akhirnya si anin nelfon “ kak dimana lu kak?”
“ manaaaaaa keeek” gua jawab
“ ahelahh dimana???” anin lagi
“ka aaadeeeee” si ana nyambung
“ lo liat ke angkot depan 03 ada tangan keluar-keluar dari angkot” gue jawab.
(dialog ini fiksi, gua lupa gimana dialog asli nya)
Mereka pun lari dari 177 sampe 03, lari udah berasa ada artis ada di angkot deket sekolah mereka. Sampe mereka menemukan gue dalam balutan seragam putih abu-abu dan kepala botak (gara-gara mos 47 nih) hihi kalimat-kalimat absurd ngatain gue plus rasa kangen kali ya sama gue terlontar dari bibir mungil mereka.. (heh? Mungil ?) hahahaha “ kak lo kayak boboho tauk” “ka adeeee “ “tambaah gembul”.. agak nylekit sih tapi sangat menghibur setelah berapa bulan semenjak masuk SMA ga ketemu mereka-mereka ini.
Dari sini, dari kalian.. gue ngerasa beruntung pernah kenal sama lo-lo semua hihi tapi semenjak SMA gue kok ngerasa pada berubah.. semua sibuk-sibuk sendiri (termasuk gue), semua punya temen-temen baru lagi (gue juga sih), udah ngga ada kumpul-kumpul bareng lagi. Gue cuma mau ngingetin kita pernah kenal, kita tau satu sama lain.. dan hey ! ga boleh yang namanya mutusin tali silaturahmi. Itu pesan saya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar